Selasa, 08 November 2011

Bluetooth

 

BLUETOOTH

 

Description: bluetooth-logo
 

 

 

 

 

 

 

 

 


Raynanda Setia Putra

1007055025

 


Nama       :  Raynanda Setia Putra
NIM         :  1007055025
Prodi        :  Ilmu Komputer
Tugas ke  :  2
Deskripsi  :  Paper / Makalah tentang Bluetooth
===============================================================

BAB I

Sejarah Pembuatan Bluetooth dan Perkembangannya

1.1 Sejarah Pembuatan Bluetooth

Awal mula dari Bluetooth adalah sebagai teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas (sekitar 10 meter). Bluetooth berupa card yang menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11 dengan jarak layanan yang terbatas dan kemampuan data transfer lebih rendah dari card untuk Wireless Local Area Network (WLAN).
Pembentukan Bluetooth dipromotori oleh 5 perusahaan besar Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek ini. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini ‘dimiliki’ oleh grup promotor tetapi ia diharapkan akan menjadi sebuah standar IEEE (802.15)
Sejarah bluetooth Nama bluetooth berawal dari proyek prestisius yang dipromotori oleh perusahaan-perusahaan raksasa internasional yang bergerak di bidang telekomunikasi dan komputer, di antaranya Ericsson, IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba. Logo Bluetooth didesain dengan menggabungkan huruf Jerman kuno H dan B : (Hagall) and (Berkanan) menjadi satu karakter gabungan (bind rune). Proyek ini di awal tahun 1998 dengan kode nama bluetooth, karena terinspirasi oleh seorang raja Viking (Denmark) yang bernama Harald Blatand. Raja Harald Blatand ini berkuasa pada abad ke-10 dengan menguasai sebagian besar daerah Denmark dan daerah Skandinavia pada masa itu. Dikarenakan daerah kekuasaannya yang luas, raja Harald Blatand ini membiayai para ilmuwan dan insinyur untuk membangun sebuah proyek berteknologi metamorfosis yang bertujuan untuk mengontrol pasukan dari suku-suku di daerah Skandinavia tersebut dari jarak jauh. Maka untuk menghormati ide raja Viking tersebut, yaitu Blatand yang berarti bluetooth (dalam bahasa Inggris) proyek ini diberi nama sama. B. Perkembangan Generasi Teknologi Bluetooth Bluetooth versi 1.0 dan 1.0 B - Dibutuhkan perintah manual pada Hardware Device Address (BD-ADDR) transmisi saat proses koneksi di antara dua device dalam satu jaringan (handshaking process). - Keamanan pengguna tidak terjamin - Penggunaan protokol tanpa nama (anonymite mode) tidak dimungkinkan. Bluetooth versi 1.1 dan 1.2 - Digunakannya masks pada perangkat Hardware Device Address (BD-ASSR) untuk melindungi pengguna dari identity snooping (pengintai) maupun tracker.
- Penggunaan protokol tanpa nama (anonymite mode) sudah tersedia namun tidak diimplementasikan, sehingga konsumen biasa tidak dapat menggunakannya.
- Adaptive Frequency Hopping (AFH), dengan memperbaiki daya tahan dari gangguan frekuensi radio yang digunakan oleh banyak orang di dalam hopping sequence.
1.2 Perkembangan Bluetooth
Pada zaman sekarang sistem bluetooth terdiri dari sebuah radio transceiver, baseband link controller dan sebuah link manager. Baseband link controller menghubungkan perangkat keras radio ke base band processing dan layer protokol fisik. Link manager melakukan aktivitas-aktivitas protokol tingkat tinggi seperti melakukan link setup, autentikasi dan konfigurasi. Secara umum blok fungsional pada sistem bluetooth dapat dilihat pada

Karakteristik Radio

Berikut beberapa karaketristik radio bluetooth sesuai dengan dokumen Bluetooth SIG yang dirangkum dalam Tabel 1.1.

Parameter
Spesifikasi
Transmitter :

Frekuensi
ISM band, 2400 - 2483.5 MHz (mayoritas), untuk beberapa negara mempunyai batasan frekuensi sendiri (lihat tabel 2), spasi kanal 1 MHz. 
Maximum Output Power
Power class 1 : 100 mW (20 dBm)Power class 2 : 2.5 mW (4 dBm)Power class 3 : 1 mW (0 dBm)
Modulasi
GFSK (Gaussian Frequency Shift Keying), Bandwidth Time : 0,5; Modulation Index : 0.28 sampai dengan 0.35.
Out of band Spurious Emission
30 MHz - 1 GHz : -36 dBm (operation mode), -57 dBm (idle mode)1 GHz – 12.75 GHz: -30 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)1.8 GHz – 1.9 GHz: -47 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)5.15 GHz –5.3 GHz: -47 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)
Receiver :

Actual Sensitivity Level
-70 dBm pada BER 0,1%.
Spurious Emission
30 MHz - 1 GHz : -57 dBm1 GHz – 12.75 GHz : -47 dBm
Max. usable level
-20 dBm,  BER : 0,1%

Tabel 1.1. karaketristik radio bluetooth (sumber: www.elektroindonesia.com/elektro/khu36.html)

 

Pita Frekuensi dan Kanal RF

Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz ISM, walaupun secara global alokasi frekuensi bluetooth telah tersedia, namun untuk berbagai negara pengalokasian frekuensi secara tepat dan lebar pita frekuensi yang digunakan berbeda. Batas frekuensi serta kanal RF yang digunakan oleh beberapa negara dapat dilihat pada Tabel 1.2. 
 
 
Negara
Range Frekuensi
Kanal RF

Eropa *) dan USA
2400 – 2483,5 MHz
f = 2402 + k MHz
k = 0,…,78
Jepang
2471 – 2497 MHz
f = 2473 + k MHz
k = 0,…,22
Spanyol
2445 – 2475 MHz
f = 2449 + k MHz
k = 0,…,22
Perancis
2446,5 – 2483,5 MHz
f = 2454 + k MHz
k = 0,…,22
*) Kecuali Spanyol dan Perancis
Tabel 1.2. Pita Frekuensi dan Kanal RF (sumber: www.elektroindonesia.com/elektro/khu36.html)

Time Slot

Kanal dibagi dalam time slot-time slot, masing-masing mempunyai panjang 625 ms. Time slot-time slot tersebut dinomori sesuai dengan clock bluetooth dari master piconet. Batas penomoran slot dari 0 sampai dengan 227-1 dengan panjang siklus 227. Di dalam time slot, master dan slave dapat mentransmisikan paket-paket dengan menggunakan skema TDD (Time-Division Duplex), Master hanya memulai melakukan pentransmisiannya pada nomor time slot genap saja sedangkan slave hanya memulai melakukan pentransmisiannya pada nomor time slot ganjil saja. 

Protokol Bluetooth

Protokol-protokol bluetooth dimaksudkan untuk mempercepat pengembangan aplikasi-aplikasi dengan menggunakan teknologi bluetooth. Layer-layer bawah pada stack protokol bluetooth dirancang untuk menyediakan suatu dasar yang fleksibel untuk pengembangan protokol yang lebih lanjut. Protokol-protokol yang lain seperti RFCOMM diambil dari protokol-protokol yang sudah ada dan protokol ini hanya dimodifikasi sedikit untuk disesuaikan dengan kepentingan bluetooth. Pada protokol-protokol layer atas digunakan tanpa melakukan modifikasi. Dengan demikian, aplikasi-aplikasi yang sudah ada dapat digunakan dengan teknologi bluetooth sehingga interoperability akan lebih terjamin.  Stack protokol bluetooth dapat dibagi ke dalam empat layer sesuai dengan tujuannya. Berikut protokol-protokol dalam layer-layer di dalam stack protokol bluetooth yang tertera pada Tabel 1.3
Protocol Layer
Protocols in the stack
Bluetooth Core Protocols
Baseband, LMP, L2CAP, SDP
Cable Replacement Protocol
RFCOMM
Telephony Control Protocols
TCS Binary, AT-commands
Adopted Protocols
PPP, UDP/TCP/IP, OBEX, WAP, vCard, vCal, IrMC, WAE
Tabel 1.3 Protokol-protokol dan layer-layer di stack protokol bluetooth (sumber: www.elektroindonesia.com/elektro/khu36.html)
 Keterangan yang lebih jelas mengenai protokol bluetooth tidak akan diuraikan pada tulisan ini. 

Pengukuran Bluetooth

Pada dasarnya ada tiga aspek penting didalam melakukan pengukuran bluetooth yaitu pengukuran RF (Radio Frequency), protokol dan profile. Pengukuran radio dilakukan untuk menyediakan compatibility perangkat radio yang digunakan di dalam sistem dan untuk menentukan kualitas sistem. Pengukuran radio dapat menggunakan perangkat alat ukur RF standar seperti spectrum analyzer, transmitter analyzer, power meter, digital signal generator dan bit-error-rate tester (BERT). Hasil pengukuran harus sesuai dengan spesifikasi yang telah di ditetapkan diantaranya harus memenuhi parameter-parameter yang tercantum pada Tabel 1. 
Dari informasi Test & Measurement World, untuk pengukuran protokol, dapat menggunakan protocol sniffer yang dapat memonitor dan menampilkan pergerakan data antar perangkat bluetooth. Selain itu dapat menggunakan perangkat Ericsson Bluetooth Development Kit (EBDK). Ericsson akan segera merelease sebuah versi EBDK yang dikenal sebagai Blue Unit. 
Pengukuran profile dilakukan untuk meyakinkan interoperability antar perangkat dari berbagai macam vendor.
 Contoh : 
  • LAN access profile menentukan bagaimana perangkat bluetooth mampu mengakses layanan-layanan pada sebuah LAN menggunakan Point to Point Protocol (PPP). Selain itu profile ini menunjukkan bagaimana mekanisme PPP yang sama digunakan untuk membentuk sebuah jaringan yang terdiri dari dua buah perangkat bluetooth. 
  • Fax profile menentukan persyaratan-persyaratan perangkat bluetooth yang harus dipenuhi untuk dapat mendukung layanan fax. Hal ini memungkinkan sebuah bluetooth cellular phone (modem) dapat digunakan oleh sebuah komputer sebagai sebuah wireless fax modem untuk mengirim atau menerima sebuah pesan fax. Selain ketiga aspek di atas yaitu radio, protokol, profile maka sebenarnya ada aspek lain yang tidak kalah pentingnya untuk perlu dilakukan pengukuran yaitu pengukuran Electromagnetic Compatibility (EMC) dimana dapat mengacu pada standar Eropa yaitu ETS 300 8 26 atau standar Amerika FCC Part 15. 

Fungsi Security

Bluetooth dirancang untuk memiliki fitur-fitur keamanan sehingga dapat digunakan secara aman baik dalam lingkungan bisnis maupun rumah tangga. Fitur-fitur yang disediakan bluetooth antara lain sebagai berikut:
  • Enkripsi data. 
  • Autentikasi user 
  • Fast frekuensi-hopping (1600 hops/sec) 
  • Output power control 
Fitur-fitur tersebut menyediakan fungsi-fungsi keamanan dari tingkat keamanan layer fisik/ radio yaitu gangguan dari penyadapan sampai dengan tingkat keamanan layer yang lebih tinggi seperti password dan PIN. 





BAB II

Prinsip dan Cara kerja Bluetooth

 

2.1 Prinsip BLuetooth
Protokol bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dan packet switching. Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultan atau sebuah kanal dimana secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron. Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Sedangkan untuk mode simetris dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s. 
Sebuah perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 meter (~30 feet). Sistem bluetooth menyediakan layanan komunikasi point to point maupun komunikasi point to multipoint. 
Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, router dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya.
Pada dasarnya bluetooth diciptakan bukan hanya menggantikan atau menghilangkan penggunaan kabel didalam melakukan pertukaran informasi, tetapi juga mampu menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya yang rendah, interoperability yang menjanjikan, mudah dalam pengoperasian dan mampu menyediakan layanan yang bermacam-macam.

2.2 Cara Kerja Bluetooth

Terdapat berbagai cara yang berbeda bagaimana peralatan elektronik bisa berkoneksi dengan peralatan lainnya. Sebagai contoh:

* Komponen kabel
* Kabel listrik
* Kabel Eternet
* WiFi
* Sinyal Infra Merah

Ketika anda menggunakan komputer, sistem hiburan atau telepon maka sebagian sistem dari peralatan itu berkomunikasi dengan peralatan elektronik lainnya. Peralatan ini berkomunikasi dengan menggunakan kabel-kabel yang bervariasi, sinyal radio, cahaya infra merah, konektor, dan protokol.

Seni menghubungkan sebuah benda dengan benda lainnya menjadi sesuatu yang sangat rumit setiap harinya. Pada artikel ini, kita akan lihat sebuah metode yang menghubungkan alat-alat elektronik, yang dinamakan dengan Bluetooth, yang bisa melakukan proses streamline. Koneksi bluetooth adalah tanpa kabel dan otomatis, dan juga bluetooth memiliki sejumlah fasilitas yang bisa memudahkan kehidupan kita.

Masalah
Ketika dua alat berbicara satu sama lain, mereka setuju untuk menggunakan sejumlah hal sebelum percakapan bisa dimulai. Hal pertama adalah akankah mereka berbicara melalui kabel, atau melalui beberapa bentuk sinyal wireless? Jika menggunakan kabel, berapa banyak kabel yang dibutuhkan? Sekali kebutuhan fisik ini terpenuhi, maka akan muncul pertanyaan selanjutnya:

* Berapa banyak data yang akan dikirimkan setiap waktunya? Sebagai contoh, port serial mengirimkan data 1 bit setiap waktu, sementara port paralel mengirimkan beberapa bit tiap waktu.
* Bagaimana cara mereka berbicara dengan yang lainnya? Semua alat elektronik harus tahu apa yang dimaksud dengan bit dan apakah pesan yang mereka terima sama dengan pesan yang dikirim. Artinya disini kita perlu mengembangkan sekumpulan perintah dan jawaban yang dikenal sebagai protokol

2.3 Solusi Bluetooth

Bluetooth mengambil jaringan kecil dengan memindahkan file yang akan dikirim dan menjaga daya transmisi tetap rendah agar penggunaan batrei bisa sangat kecil. Coba anda bayangkan ini: Anda mengaktifkan bluetooth telepon seluler anda di depan pintu rumah. Anda memberitahu teman anda agar menghubungi anda kembali dalam waktu lima menit sehingga anda bisa masuk ke dalam rumah dan mengambil barang anda yang ketinggalan. Sewaktu anda berjalan di dalam rumah, peta yang di terima melalui telepon selular anda dari sistem GPS bluetooth yang ada di mobil secara otomatis mengirimkannya ke PC anda dan secara otomatis pula mengirimkan data untuk di transfer ke telepon rumah. Lima menit kemudian, ketika teman anda balik menelepon, bluetooth pada telepon rumah akan membunyikan telepon rumah bukan telepon selular anda. Teman anda menghubungi anda dengan nomor yang sama, tetapi telepon rumah andalah yang mengambil sinyal bluetooth dari telepon seluler anda dan secara otomatis telepon rumah anda berbunyi karena bluetooth paham bahwa anda sedang berada di rumah. Tiap sinyal transmisi menuju dan dari telepon selular anda hanya mengkonsumsi 1 miliwatt saj, jadi batrei telepon selular anda secara virtual tidak berpengaruh dengan segala aktifitas ini.

Bluetooth adalah sebuah jaringan standar yang bekerja pada dua tingkatan:

* Bluetooth menyediakan kesepakatan pada tingkatan fisik (bluetooth adalah standar frekuensi radio)
* Bluetooth menyediakan kesepakatan pada tingkatan protokol, di mana sebuah produk menyetujui waktu yang sudah ditentukan dalam mengirimkan bit, berapa banyak yang akan di kirim, dan bagaimana percakapan yang berlangsung bisa di terima sesuai dengan pesan yang di kirim.

Keistimewaan bluetooth adalah wireless, tidak mahal, dan otomatis. Ada beberapa cara lain dengan menggunakan kabel, termasuk komunikasi infra merah. Infra merah merujuk pada gelombang cahaya yang memiliki frekuensi yang lebih rendah daripada yang diterima oleh mata manusia. Infra merah digunakan pada kebanyakan sistem remote kontrol pada televisi. Komunikasi infra merah cukup cepat dan tidak membutuhkan biaya banyak untuk melakukan sebuah koneksi, tetapi infra merah hanya bisa dilakukan searah saja. Sebagai contoh, anda hendak mengirim data antara komputer anda dengan laptop, akan tetapi sewaktu proses ini berjalan maka laptop tidak bisa mengirimkan data ke PDA pada waktu yang bersamaan.

Meskipun begitu, hal ini memberikan keuntungan pada penggunaan infra merah yaitu anda bisa meyakinkan bahwa pesan yang anda kirimkan pasti akan sampai hanya pada orang yang anda kirim, walaupun diruangan itu terdapat banyak penerima infra merah.

Bluetooth dapat memecahkan masalah yang dihadapi oleh infra merah. Bluetooth 1.0 memiliki kecepatan transfer sebesar 1 megabir per detik (Mbps), sementara itu Bluetooth 2.0 bisa lebih dari 3 Mbps.

2.4 Pengoperasian Bluetooth

Jaringan bluetooth mentransmisikan data melalui gelombang radio. Jaringan ini berkomunikasi pada frekuensi 2,45 gigahertz (antara 2,402 GHz dan 2,480 GHz). Penggunaan frekuensi ini telah disetujui secara internasional untuk penggunaan industri, penelitian, dan medis.

Beberapa peralatan yang menggunakan frekuensi ini adalah pembuka garasi, pemonitor bayi, dan telepon tanpa kawat. Proses agar penggunaan bluetooth tidak saling mengganggu antar alat-alat tersebut di atas, adalah sebuah proses yang sangat penting untuk terus dikembangkan.

Satu cara aagr bluetooth tidak saling mengganggu dengan sistem yang lain adalah dengan mengirim sinyal yang sangat kecil sekitar 1 miliwatt. Sebagai perbandingan, telepon seluler mampu mentransmisikan sinyal sekitar 3 watt. Daya yang kecil ini membatasi jangkauan penggunaan bluetooth, yaitu sekitar 10 meter. Meskipun begitu, tembok rumah anda tidak akan mampu menghentikan laju sinyal bluetooth, sehingga bluetooth bisa membuat peralatan-peralatan di ruangan berbeda mampu dikendalikan dari bagian rumah anda (asalkan rumah anda tidak terlalu besar).

Bluetooth bisa berkoneksi dengan delapan alat sekaligus secara bersamaan. Dengan semua alat ini dalam radius 10 meter, anda mungkin berpikir bahwa sinyalnya mungkin akan menumpuk dan mengganggu proses kerja alat-alat itu. Sayangnya tidak, bluetooth menggunakan sebuah teknik yang dinamakan dengan harapan penyebaran spektrum frekuensi yang membuat sebuah alat untuk mentransmisikan data pada frekuensi yang sama dalam waktu yang bersamaan pula. Pada teknik ini, sebuah alat akan menggunakan salah satu dari 79 frekuensi. Pada bluetooth, transmiter mengubah frekuensi 1.600 kali tiap detik, yang berarti lebih banyak alat yang bisa digunakan pada spektrum radio ini. Karena tiap bluetooth mentransmisikan sinyal dengan menggunakan penyebaran spektrum secara otomatis, maka sangat kecil kemungkinan ada dua transmiter yang menggunakan frekuensi sama dalam waktu yang bersamaan. Teknik ini meminimalisir resiko penggunaan telepon yang akan mengganggu paralatan bluetooth, karena semua gangguan pada frekuensi yang sama hanya akan sedikit bergesekan pada satu detik saja.

Ketika peralatan bluetooth memiliki jangkauan yang sama dengan peralatan lainnya, sebuah percakapan elektronik akan ditentukan dari fungsi alat tersebut. Proses ini berlangsung secara otomatis, sehingga anda tidak perlu menekan tombol apa pun agar pembicaraan tidak terganggu. Sekali pembicaraan selesai, alat ini akan membentuk sebuah jaringan. Sistem bluetooth membuat sebuah jaringan sendiri yang dinamakan dengan pikonet, sehingga jangkauannya berada di antara kedua peralatan atau lebih (seperti telepon seluler anda dengan headset di kepala anda). Sekali pikonet terbentuk, anggota alat yang menggunakan jaringan ini akan terus bersentuhan dengan alat lain yang juga menggunakan jaringan ini pada jangkauan yang anda definisikan secara otomatis. Sehingga hal ini akan mencegah jaringan pikonet yang lain untuk beroperasi pada ruangan yang sama.

Pikonet
Katakanlah anda memiliki ruang keluarga modern dengan beberapa alat modern didalamnya. Ada sebuah sistem hiburan dengan sebuah stereo, sebuah pemutar DVD, sebuah TV satelit dan TV, dan juga ada sebuah komputer pribadi. Tiap bagian sistem ini menggunakan bluetooth, dan tiap alat membentuk jaringan pikonetnya sendiri untuk berbicara antara unit utama dengan peralatan lain.

Kita andaikan saja terdapat tiga jaringan yang digunakan oleh alat-alat yang anda letakkan di ruang keluarga. Tiap alat tahu alamat transmiter dari alat yang di dengar dan alamat penerima dari alat yang sedang berbicara. Karena tiap jaringan merubah frekuensi operasinya ribuan kali per detik. Maka ada kemungkinan dua jaringan akan bekerja pada frekuensi yang sama pada waktu yang bersamaan pula. Jika hal ini memang terjadi, maka alat yang lain hanya mengalami sedikit gangguan dalam satu detik, ditambah lagi dengan adanya software yang memperbaiki kesalahan-kesalahan akibat informasi yang membingungkan.

2.5 Keamanan Bluetooth
Pada semua jaringan wireless, faktor keamanan adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Sebuah alat dapat dengan mudah menangkap gelombang radio di udara, jadi orang yang mengirimkan informasi rahasia harus benar-benar meyakinkan dirinya bahwa memang tidak akan ada orang/alat yang menyadap sinyalnya. Teknologi bluetooth sama saja dengan teknologi wireless lainnya, bluetooth bisa dijadikan sebagai alat mata-mata atau sebagai remote access.

Bluetooth menawarkan beberapa model sekuritas, dan pabrik alat ini akan menentukan mode apa yang akan digunakan oleh bluetooth. Pengguna bluetooth bisa membuat sebuah alat yang dipercaya dan mampu menukar data tanpa harus minta ijin terlebih dahulu. Ketika semua alat mencoba untuk membuat koneksi dengan gadget seseorang, si pengguna harus memutuskan apakan dia mengijinkan alat itu untuk melakukan koneksi atau tidak. Tingkat layanan sekuritas dan peralatan bekerja secara bersamaan untuk melindungi peralatan bluetooth dari transmisi data yang tidak dikenal. Metode keamanan itu termasuk didalamnya adalah prosedur autorisasi dan identifikasi yang membatasi penggunaan layanan bluetooth untuk melakukan registrasi. Seorang pengguna bisa dengan mudah mengganti mode bluetoothnya ke mode “tidak terlacak” dan mencegah koneksi dengan peralatan bluetooth lainnya. Jika seorang pengguna menggunakan jaringan bluetooth untuk mensinkronkan alat-alat yang lain di rumah, ini adalah cara terbaik untuk menghindari segala kemungkinan yang membobol keamanan alat anda.

Selain masalah keamanan diatas, ada lagi masalah keamanan yang cukup pelik dan harus dipecahkan. Masalah itu adalah virus telepon seluler yang masuk melalui proses koneksi otomatis. Namun, karena kebanyakan telepon selular menggunakan koneksi bluetooth yang aman dan membutuhkan autorisasi/autentikasi sebelum menerima data dari alat yang belum dikenal, maka biasanya file yang terinfeksi tidak akan bertindak lebih jauh lagi. Ketika virus tiba di telepon selular pengguna, si pengguna harus setuju untuk membuka dan menginstal file tersebut.

Masalah lainnya seperti bluejacking, bluebugging, dan car whisperer telah meramaikan pasar keamanan bluetooth akhir-akhir ini. Bluejackin melibatkan pengguna bluetooth yang mengirim sebuah kartu bisnis (pesan teks) ke alat bluetooth lainnya dalam radius 10 meter. Jika si pengguna tidak sadar apa isi pesannya, dia mungkin akan menyimpan alamat pengirimnya ke buku alamatmya, dan si pengirim bisa mengirim dia sebuah pesan yang mungkin akan terbuka secara otomatis karena nama si pengirim sudah di simpan di buku alamat. Bluebugging memiliki masalah yang lebih parah lagi, karena masalah ini membuat para hacker bisa mengendalikan akses telepon dan semua layanannya, termasuk mengirim pesan,dan si pengguna tidak sadar bahwa peralatan bluetoothnya telah di sadap. Car Whisper adalah sebuah pecahan software yang membuat para hacker mampu mengirimkan dan menerima audio yang berasal dari stereo bluetooth anda. Seperti sebuah lubang keamanan pada komputer, kelemahan ini adalah akibat inovasi teknologi dan dari pabrikan alat yang meluncurkan versi-versi baru sehingga menimbulkan masalah sewaktu alat-alat yang baru ini diluncurkan.
BAB III
Cara Installasi/Setting
Berikut ini ditunjukkan langkah demi langkah cara instal bluetooth adapter IVT Bluesoleil di Windows XP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
(1) Masukkan CD driver Bluetooth yang diperoleh dari paket pembelian atau jika file Bluetooth driver sudah anda simpan di drive harddisk, silahkan buka folder tempat driver bluetooth tersimpan. Dalam petunjuk berikut ini saya menggunakan driver bluetooth yg sudah disimpan dalam harddisk
Description: BT-1

Gambar 3.1. Driver Bluetooth dalam Harddisk (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(2) Dobelklik folder Driver Bluetooth. Dalam contoh ini driver bluetooth tersimpan dalam folder bernama Driver Bluetooth di drive C:\
Description: BT-2

Gambar 3.2. file yang berada di dalam Driver Bluetooth (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(3) Setelah folder tersebut terbuka, silahkan anda cari file Setup dgn type Application. Dobelklik file Setup tersebut untuk mulai proses instal. Silahkan anda pilih Setup Language: English dan tekan OK
Description: BT-3
Gambar 3.3. Menu instalasi pemilihan bahasa (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(4) Akan ditampilkan Installshield Wizard yang akan memandu anda dalam proses instalasi
Description: BT-4
Gambar 3.4. Persiapan Installasi (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
Description: BT-5
Gambar 3.5. Menu Installasi (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(5) Silahkan tekan tombol Next> untuk melanjutkan proses instalasi
(6) Selanjutnya akan tampil License Agreement. Silahkan tekan tombol Yes untuk melanjutkan proses instalasi
Description: BT-6
Gambar 3.6. Persetujuan Lisensi (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
Anda selanjutnya akan diminta untuk menentukan Destination Folder yaitu folder dimana Bluetooth driver akan diinstal. Anda dapat membiarkan saja secara default yang berarti anda menerima untuk menginstal di folder C:\Program Files\IVT Corporation\BlueSoleil. Jika anda menerima folder default yang telah ditentukan silahkan anda tekan tombol Next>
Description: BT-7
Gambar 3.7 Pilihan Lokasi Installasi (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(8) Proses instal akan berjalan dan akan ditampilkan Setup Status
Description: BT-8
Gambat 3.8 Proses Installasi (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
Setelah Setup Status mencapai angka 100%, selanjutnya muncul Preparing Bluetooth driver yang berarti instalasi driver bluetooth akan segera dimulai
Description: BT-9
Gambar 3.9. Persiapan instalasi driver (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(10) Selanjutnya muncul Updating Bluetooth USB Drivers
Description: BT-10
Gambar 3.10. Memperbarui Bluetooth USB Drivers (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)

(11) Setelah Updating Bluetooth USB Drivers selesai, selanjutnya akan dilanjutkan dengan Installing Bluetooth Audio Device..
Description: BT-11

Gambar 3.11. Instalasi Bluetooth Audio Device (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(12) Setelah Installing Bluetooth Audio Device..selesai selanjutnya akan muncul Installing Bluetooth Network Adapter..
Description: BT-12
Gambar 3.12. Instalasi Bluetooth Network Adapter (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(13) Setelah Installing Bluetooth Network Adapter..selesai akan dilanjutkan dengan Installing Bluetooth Human Interface Device..
Description: BT-13
Gambar 3.13. Instalasi Bluetooth Human Interface Device (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(14) Setelah Installing Bluetooth Human Interface Device..selesai akan dilanjutkan dengan Installing Bluetooth Virtual Serial Ports..
Description: BT-14
Gambar 3.14. Instalasi Bluetooth Installing Bluetooth Virtual Serial Ports (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)

(15) Setelah Installing Bluetooth Virtual Serial Ports..selesai akan dilanjutkan dengan Installing Bluetooth Modem..
Description: BT-15
Gambar 3.15. Instalasi Bluetooth Modem (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
(16) Setelah Installing Bluetooth Modem.. selesai , proses Installshield Wizard Complete. Ini berarti seleuruh proses instalasi bluetooth adapter telah selesai. Pilihlah Yes, I want to restart my computer now. kemudian klik tombol Finish
Description: BT-16
Gambar 3.16. Proses Installasi selesai (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)

Setelah anda mengklik tombol Finish, komputer akan restart. 17) Setelah proses restart selesai, Selanjutnya silahkan anda coba jalankan aplikasi IVT BlueSoleil. Klik Start> IVT Bl ueSoleil> BlueSoleil atau dapat juga diakses via shortcut BlueSoleil di desktop. Akan tampil interface IVT Corporation BlueSoleil seperti pada gambar berikut ini:
Description: BT-17
Gambar 3.17. Tampilan interface IVT Corporation BlueSoleil (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
Silahkan anda colokkan Bluetooth device ke dalam port USB komputer. Setelah statusnya Ready maka bluetooth adapter sudah siap anda gunakan. Untuk mencobanya silahkan anda aktifkan perangkat bluetooth yg anda miliki, misalnya ponsel berbluetooth. Kemudian lakukan proses Pairing untuk mencari perangkat bluetoth yg ada disekitar komputer anda. Maka akan ditampilakan semua perangkat bluetooth yg ada dalam jangkauan bluetooth komputer. Lihat gambar dibawah. Dalam gambar bawah terlihat bahwa ponsel Nokia 6275i berhasil terdeteksi.
Description: BT_DUN_6275i
Gambar 3.18. Deteksi bluetooth device  (Sumber: komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html)
Setelah semuanya terinstal dengan benar dan berjalan normal, maka bluetooth adapater sudah dapat digunakan untuk transfer file, akses internet dan koneksi ke perangkat bluetooth lainnya.

 

BAB IV

Perusahaan/vendor yang memproduksi Bluetooth

4.1 Perusahaan yang Memproduksi Bluetooth

1. IVT Corporation
IVT Corporation adalah pemasok global utama dari Bluetooth software, solusi terminal FMC (Fixed-Mobile Convergence), sistem pemasaran, dan sistem perawatan perangkat bergerak. IVT telah mengembangkan produk-produk mutakhir sejak 1999. Produk-produk keluaran IVT telah diadopsi secara luas oleh lebih dari 50 pelanggan di seluruh dunia, seperti Lenovo, HP, British Telecom, Motorola, Samsung, LG, Ricoh, Panasonic, Mitac, Wistron, dan lain sebagainya.
Banyak pembuat chip Bluetooth terkemuka di dunia, seperti Accelsemi, Avago, CSR, 3DSP, Intel, Marvell, dan ISSC bekerjasama dengan IVT sekaligus menyuplai perangkat lunak Bluetooth milik IVT ke pelanggan mereka. Sejak 2008, IVT telah menjadi penyedia solusi Bluetooth pada Moblin untuk Intel.
IVT telah aktif dalam Bluetooth SIG (Special Interest Group) sejak tahun 2000. IVT telah berbicara di banyak pertemuan tentang Bluetooth di seluruh dunia, dari Amerika Serikat ke Eropa, dan Asia. IVT telah diakui oleh Bluetooth SIG sebagai penyumbang utama pada pengembangan terbaru teknologi Bluetooth, termasuk Bluetooth v3.0, yang meliputi WiFi, UWB (Ultra Wideband) Bluetooth v2.1 dan teknologi nirkabel rendah energi bluetooth.

2. Maverick Lifestyle Corporation
Maverick Lifestyle Corporation adalah perusahaan teknologi bagi konsumen komunikasi pribadi yang berfokus pada desain produk-produk inovatif dan aksesori Bluetooth untuk konsumen yang sadar. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005. Filsafat Maverick diilhami oleh prinsip-prinsip modernisasi yang mendorong pemeriksaan ulang asumsi yang umumnya dipegang untuk memberi jalan yang baru dan lebih baik (penunjuk bagaimana cara untuk melakukannya). Maverick akan terus memperkenalkan produk-produk komunikasi pribadi baru yang memenuhi prinsip ini. Salah satu pemenuhan prinsip filsafat Maverick adalah diproduksinya teknologi terbaru yang kompatibel dengan fashion, yaitu headset Nica Bluetooth dan charging dock (dermaga pengisian batere). Maverick telah menetapkan standar baru untuk desain estetika dan inovasi fungsional dalam teknologi nirkabel. Perangkat yang merupakan bluetooth v1.2 kompatible ini dibuat 'open air', sehingga memudahkan penggunanya tanpa harus repot terganggu panjangnya kabel. Dapat dicharge dimana pun, termasuk di mobil (dengan menggunakan car dock atau desk dock) sehingga perangkat ini bisa digunakan untuk
mendengarkan musik maupun bertelepon (safety-riding). Dengan tampilan cool compact cylindrical-shaped earpiece dan tersedia dalam sejumlah pilihan warna, perangkat ini bisa dipadupadankan dengan busana yang dikenakan.

3. Billionton System Inc.
Billionton Systems Inc didirikan pada bulan Agustus 1997 oleh sejumlah profesional yang sangat berpengalaman di bidang manufaktur PCMCIA. Pembangunan perusahaan yang berdomisili di Taiwan ini didasarkan pada sebuah visi masa depan PCMCIA yaitu sebuah pasar yang akan kita lihat tumbuh dan terus tumbuh berdampingan dengan semakin meluasnya pasar perangkat
bergerak.

4. BlueAnt
Berkantor pusat di Melbourne, Australia, dan dengan kantor-kantor di London dan Silicon Valley, BlueAnt Wireless adalah pasar desainer dan distributor perangkat dan aksesoris Bluetooth terkemuka. BlueAnt Perkenalkan Bluetooth 2.1 Voice Recognition Headset Bluetooth headset merupakan salah satu piranti yang paling banyak dicari oleh pengguna ponsel. Beragam merek Bluetooth headset pun diluncurkan oleh para produsen ponsel, yang masing-masing memiliki fitur yang hampir sama. Namun simak headset buatan BlueAnt ini yang memiliki keunggulan tersendiri. Headset yang dinamai BlueAnt V1 ini dilengkapi dengan Advanced Voice Recognition. BlueAnt mengklaim V1 sebagai headset pertama di dunia yang telah menerapkan teknologi Bluetooth 2.1. Headset ini menggunakan BlueGenie Voice Interface untuk mengontrol fungsi headset dan ponsel dengan suara. Pengguna cukup mengucapkan kalimat seperti “Hubungkan Saya” atau “Terima Panggilan” maka headset akan merespon dengan cepat. V1 menggunakan dua mikrofon, Voice Isolation Technology, dan kemampuan untuk disetrum di mobil lewat colokan USB. V1 bisa menghubungkan delapan peranti ber-bluetooth sekaligus. Headset berbobot kurang dari 0,35 ons ini dipasarkan seharga US$ 129,95.

5. RIM (Research in Motion)
Antoine Boucher, vice president dari RIM telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang membuat Bluetooth Headset dan Bluetooth Watch yang nantinya bisa dikoneksikan khusus untuk Blackberry. Blackberry Bluetooth Headset dengan kode "Alpha 1" mempunyai teknologi "Noise Reduction" untuk membuat suara anda jelas terdengar oleh lawan bicara. Headset ini juga didesain dengan menggunakan bahan besi yang di-chrome dengan warna hitam.
Antoine Boucher menjamin penggunaan bahan silikon akan membuat buetooth headset mereka mungkin yang paling nyaman untuk digunakan dibandingkan bluetooth headset lainnya.
Sedangkan untuk Bluetooth Watch, sama dengan bluetooth watch merek lain, jam tangan ini nantinya bisa memberitahu ada email masuk maupun BBM (Blackberry Messenger). Antoine memang sudah mengkonfirmasi akan keberadaan dua produk ini tetapi tidak menyatakan dengan jelas mengenai kapan akan dijual dan harganya.
6. Jabra
Jabra, sebuah merek ternama di koridor bisnis headset Bluetooth, pada awal tahun 2008 lalu telah memperkenalkan generasi terbarunya, Jabra BT8040. BT8040 mempunyai desain futuristik dan berbentuk mungil dengan ukuran panjang 2,54 inci dan lebar 0,71 inci, serta sisi yang berbentuk kurva pada sisi atas dan bawahnya. Apabila dibandingkan dengan generasi sebayanya, Jabra tergolong murah. Harganya terbilang fantastis oleh para pengamat, yakni USD79. Keunggulan :
  1. Jabra BT8040 adalah headset Bluetooth kecil dengan beberapa paket fitur tambahan seperti Teknologi Multipoint (Kemampuan untuk mengkoneksikan ke dua device yang berbeda).
  2. BT8040 mempunyai teknologi equalization volume, dengan kemampuan acoustic shock protection yang dapat melindungi telinga dari suara bising atau keras yang datang tiba-tiba.
  3. A2DP yang dapat digunakan untuk melakukan streaming music secara wireless.
Kekurangan : Jabra BT8040 membutuhkan waktu beberapa saat untuk di gunakan pada telinga.
Kesimpulan : Jabra BT8040 Bluetooth 2.0 headset yang menawarkan cukup fitur untuk pengguna profesional dengan harga yang terjangkau.
Spesifikasi : Tipe: Microphone Built-in ; Tipe Produk: Headset ;
Desain: Over-the-ear.

7. Sony Ericsson
Vendor ternama ini baru-baru saja mengeluarkan speaker Bluetooth™ berwarna dan bertenaga, memberikan sebuah pengalaman festival dimanapun atau kemanapun pengguna berada.
Tersedia dalam warna trendy orange dan black, atau chic white dan pink, speaker MS500 menjadi aksesoris handal bagi mereka para pecinta lagu rok dan gemar berdansa. Bentuknya yang mungil, sangat memungkinkan untuk digenggam dan sangat ringan dibawa kemanapun dan kapanpun. Leonardo Salzedo, perancang Wireless Outdoor Speaker MS500, memang merancang alat ini untuk kondisi luar ruangan dengan ketahanan dari cipratan air dan tali gaya yang cocok untuk dikaitkan pada tas atau digantung di pergelangan tangan, speaker ini bisa menjadi aksesori outdoor ideal untuk digunakan sehari-hari serta menjamin musik akan tetap terdengar dengan keras dan bangga. Dengan teknologi Bluetooth™, dengan mudah pengguna dapat mengganti tracks dan menaikkan volume. Hanya semudah menghubungkan speaker ke ponsel
apapun dalam jarak 10 meter dan dalam hitungan detik dengarkan alunan lagu favorit Anda dengan treble jernih dan bass yang bertenaga.
Pengguna pun tidak harus berurusan dengan gulungan kabel, atau charger karena speaker ini menggunakan dua baterai jenis AA yang memungkinkan untuk mendengarkan musik hingga 5 jam. Keunggulan lain dari produk Sony ini tentunya adalah efektivitasnya. Outdoor Wireless Speaker MS500 dapat digunakan dengan semua tipe ponsel bluetooth™ baik Sony Ericsson ataupun merek lain.

 

BAB V

Contoh Gambar dari Device Bluetooth

Description: bluetooth_10m
Description: bluetooth
Gambar 5.1 Bluetooth antena (Sumber: shariedogawa.wordpress.com)
 
Gambar 5.3 Bluetooth 10 m (Sumber: masgardha.wordpress.com)
 
Description: H:\479094_6155a97b83c051017f357935e13c48da.jpg
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Daftar Pustaka

Angus Robinson, Anritsu, Stevenage, UK, On Your Marks for Testing Bluetooth, Test & Measurement Worls, September 2000
ETS 300 328, Radio Equipment and Systems (RES); Wideband transmission systems; Technical characteristics and test conditions for data transmission equipment operating in the 2,4 GHz band and using spread spectrum modulation techniques.
ETS 300 826, Electromagnetic compatibility and radio spectrum matters (ERM); ElectroMagnetic Compatibility (EMC) standard for 2,4 GHz wideband transmission systems and High Performance Radio Local Area Network (HIPERLAN) equipment. 8. Bluetooth Presentation, Bluetooth Business Div, Digital Media Network Company, Toshiba Corporation, 2000.
Jim Geier, Spread Spectrum : Frequency Hopping vs. Direct Sequence, May 1999.
www.elektroindonesia.com/elektro/khu36/. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2011 15:00
http://www.motorola.com/bluetooth/. diakses pada tanggal 2 Oktober 2011 15:02 Wita
http://www.cetecom.com/bluetooth/. diakses pada tanggal 2 Oktober 2011 15:10 Wita
http://www.palowireless.com/. diakses pada tanggal 2 Oktober 2011 15:15 Wita
http://www.shariedogawa.wordpress.com/. diakses pada tanggal 2 Oktober 2011 15:20 Wita
http://www. masgardha.wordpress.com/. diakses pada tanggal 2 Oktober 2011 15:21 Wita
http://www. xpoint-store.com/. diakses pada tanggal 2 Oktober 2011 15:25 Wita
http://www komputersetting.blogspot.com/2008/11/petunjuk-instalasi-bluetooth-adapter.html. diakses pada tanggal 2 Oktober 2011 15:30 Wita

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar